MASIGNASUKAv102
1212694102616477524

13. Surat Ar-Rad

Ayat 8

اَللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَحْمِلُ كُلُّ اُنْثٰى وَمَا تَغِيْضُ الْاَرْحَامُ وَمَا تَزْدَادُ ۗوَكُلُّ شَيْءٍ عِنْدَهٗ بِمِقْدَارٍ ٨

8.  Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan dan apa yang berkurang (tidak sempurna dalam) rahim dan apa yang bertambah. Segala sesuatu ada ketentuan di sisi-Nya.

Asbabun Nuzul

At-thabrani dan lainnya meriawayatkan dari ibnu abbas bahwa Arbadh bin Qais dan Amir bin thufail datng ke madinah menemui Rasulullah. Lalu amir bekata, ‘Hai Muhammad, apa yang kamu berikan kepadaku kalau akau masuk Islam? Beliau menjawab,’kamu mendapat hak seperti hak yang yang dimiliki kaum muslimin dan kamu juga memikul kewajiban seperti mereka’ Ia berkata lagi, ” apakah engkau akan menyerahkan kepemimpinan kepadaku setelah engkau wafat? Nabi menjawab, “hal itu bukan menjadi hakmu dan kamummu’ Akhirnya kedua orang itu pergi. Kemudian amir berkata kepad arbad,”aku akan menarik perhatian Muhammad dengan perbincangan , lalu tikamlah dia dengan pedang.’ Mereka pun kembali. Amir berkata,”Hai Muhammad, kemarilah! Mari kita bicara”. Beliau bangkit lalu berbicara dengannya, sementara arbad mulai menghunus pedangnya. Tapi baru saja dia meletakkan tangannya di gagang pedang, rasulullah menoleh sehingga melihatnya. Kemudian beliau meninggalkan mereka berdua. Akhirnya keduanya pergi hingga ketika mereka berada di ar-raqm, Allah mengirimkan petir yang menewaskan Arbad, lalu allah menurunkan ayat ini.


Ayat 13

وَيُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهٖ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ مِنْ خِيْفَتِهٖۚ وَيُرْسِلُ الصَّوَاعِقَ فَيُصِيْبُ بِهَا مَنْ يَّشَاۤءُ وَهُمْ يُجَادِلُوْنَ فِى اللّٰهِ ۚوَهُوَ شَدِيْدُ الْمِحَالِۗ ١٣

13.  Guruh bertasbih dengan memuji-Nya, (demikian pula) malaikat karena takut kepada-Nya. Dia (Allah) melepaskan petir, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki. Sementara itu, mereka (orang-orang kafir) berbantah-bantahan tentang kekuasaan Allah, padahal Dia Mahakeras hukuman-Nya.

Asbabun Nuzul

An-Nasai dan al-Bazzar meriwayatkan dari Anas bahwa Rasulullah mengutus salah seorang sahabatnya kepada salah satu pemuka jahiliah untuk menyerunya masuk Islam. Orang yang didakwahi tersebut merespon, “tuhanmu yang kamu seru aku untuk menyembahnya terbuat dari apa? Apakah besi, tenbaga, perak atau emas? Sahabat yang diutus itu kembali kepada Rasulullah dan memberitahu beliau. Orang tersebut tetap memberi respon yang sama pada seruan kedua dan ketiga sehingga akhirnya Allah mengirim petir yang menghanguskan tubuhnya. Dan turunlah ayat ini.


Ayat 31

وَلَوْ اَنَّ قُرْاٰنًا سُيِّرَتْ بِهِ الْجِبَالُ اَوْ قُطِّعَتْ بِهِ الْاَرْضُ اَوْ كُلِّمَ بِهِ الْمَوْتٰىۗ بَلْ لِّلّٰهِ الْاَمْرُ جَمِيْعًاۗ اَفَلَمْ يَا۟يْـَٔسِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْ لَّوْ يَشَاۤءُ اللّٰهُ لَهَدَى النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَلَا يَزَالُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا تُصِيْبُهُمْ بِمَا صَنَعُوْا قَارِعَةٌ اَوْ تَحُلُّ قَرِيْبًا مِّنْ دَارِهِمْ حَتّٰى يَأْتِيَ وَعْدُ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ ࣖ ٣١

31.  Sekiranya ada suatu bacaan (Kitab Suci) yang dengannya gunung-gunung dapat digeserkan, bumi dibelah, atau orang mati dapat diajak bicara, (itulah Al-Qur’an). Sebenarnya segala urusan itu milik Allah. Tidakkah orang-orang yang beriman mengetahui bahwa sekiranya Allah menghendaki, tentu Allah telah memberi petunjuk kepada manusia semuanya. Orang-orang yang kufur senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatan mereka sendiri atau bencana itu terjadi di dekat tempat kediaman mereka, sampai datang janji Allah. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.

Asbabun Nuzul

At-Tabrani dan lainnya meriwayatkan dari ibnu abbas, dia berkata: mereka berkata kepada Rasulullah,”kalau benar yang kamu katakan, perlihatkanlah kepada kami para leluhur kami yang telah mati agar kami bicara dengan mereka, juga ratakan gunung mekah ini yang mengurung kita”. Maka turunlah ayat ini.

Ibnu abi hatim dan binu mardawaih meriwayatkan dari Athiyah al-aufi. Mereka mengatakan kepada Nabi saw,” dapatkah kamu menggerakkan gunung-gunung mekah hingga melebar dan kami dapat bercocok tanam disana atau mengelilingi bumi seperti sulaiman yang mengelilingi bumi dengan menunggangi angin atau menghidupkan yang mati seperti Isa?maka Allah menurunkan ayat ini.


Ayat 38

وَلَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلًا مِّنْ قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ اَزْوَاجًا وَّذُرِّيَّةً ۗوَمَا كَانَ لِرَسُوْلٍ اَنْ يَّأْتِيَ بِاٰيَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗلِكُلِّ اَجَلٍ كِتَابٌ ٣٨

38.  Sungguh Kami benar-benar telah mengutus para rasul sebelum engkau (Nabi Muhammad) dan Kami berikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Tidak mungkin bagi seorang rasul mendatangkan sesuatu bukti (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Untuk setiap masa ada ketentuannya.382)

382) Pada setiap masa ada hukum yang diberlakukan oleh Allah Swt. atas hamba-hamba-Nya sesuai dengan kebijakan-Nya.

Asbabun Nuzul

Ibnu abi hatim meriwayatkan dari mujahid bahwa orang-orang Quraisy berkata ketika turun ayat ini, “Hai Muhammad, kami lihat kamu tidak berdaya sama sekali. “. Maka allah menurunkan ayat berikutnya.