MASIGNASUKAv102
1212694102616477524

12. Surat Yusuf

Ayat 3

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْاٰنَۖ وَاِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهٖ لَمِنَ الْغٰفِلِيْنَ ٣

3.  Kami menceritakan kepadamu (Nabi Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur’an ini kepadamu. Sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang-orang yang tidak mengetahui.

Asbabun Nuzul

Al-hakim dan lainnya meriwayatkan dari saad bin abi waqqash bahwa al-quran diturunkan kepada Nabi saw. Lalu selama beberapa masa beliau membacakannya kepada mereka, dan mereka mengatakan, ‘ya rasulallah, bagaimana kalau anda bercerita kepada kami? Maka turunlah ayat,’Allah telah menurunkan perkataan yang baik…”(39:23). Ibnu hatim menambahkan, lalu mereka mengatakan,”ya Rasulallah, bagaimanakah kalau anda beri kami nasihat, maka allah menurunkan ..”belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman untuk khusyu mengingat Allah….(57:16).

Ibnu jarir meriwayatkan dari ibnu abbas bahwa mereka mengatakan , ‘Ya Rasulullah bagaimana kalau anda ceritakan kepada kami” maka turunlah ayat ini.